Teknologi
Program SIB Microsoft Indonesia Diikuti oleh 1.121 mahasiswa

Program SIB Microsoft Indonesia Diikuti oleh 1.121 mahasiswa

Rate this post

Microsoft Indonesia resmi meluncurkan Program Studi Mandiri Bersertifikat (SIB) yang menerima 1.121 mahasiswa dari 235 perguruan tinggi di Indonesia. Yang nantinya harus meningkatkan keterampilan digital untuk berbagai bidang.

Dengan mengikuti SIB Microsoft Indonesia, mereka akan mendapatkan sertifikasi kompetensi digital di bidang produktivitas, cloud, dan data serta AI untuk membantu mereka menjadi lebih kompetitif di tempat kerja.

Program SIB Microsoft Indonesia Diikuti oleh 1.121 mahasiswa

Program-SIB-Microsoft-Indonesia-Diikuti-oleh-1.121-mahasiswa

Baca juga:
– Telekom dan Microsoft bekerja sama untuk mempercepat transformasi digital
– Kerjasama Telekom dan Microsoft, percepatan transformasi digital kedaulatan
– Versi beta pertama Windows 11 akhirnya dirilis, Microsoft mengklaim lebih stabil
– Microsoft mengungkapkan spesifikasi minimum untuk Windows 11 yang tidak dapat dinegosiasikan

Sebanyak 1.121 mahasiswa yang mengikuti Certified Independent Study

dipilih dari 6.000 mahasiswa yang terdaftar dari berbagai universitas.

Pemilihan dilakukan dengan mempertimbangkan bidang studi yang berbeda, sehingga pengembangan kapasitas digital dapat bersifat inklusif dan pemanfaatan teknologi dapat diterapkan dalam ilmu yang berbeda.

Program yang berjalan di bawah Prakarsa Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini akan mengkonversi 20 SKS dari mahasiswa, dengan kelulusan berdasarkan keberhasilan penyelesaian sertifikasi di akhir fase pembelajaran, sekaligus menjadi batu penjuru. proyek yang akan mereka selesaikan Desember mendatang.

“Kami sangat senang dengan tingkat partisipasi siswa yang tinggi di SIB Microsoft

, karena keterampilan digital berperan penting dalam tingkat adaptasi kami di era berbasis cloud saat ini. Indonesia sendiri masih membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga tahun 2035, atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun. Ada program yang akan membantu tercapainya tujuan tersebut,” ujar Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Dirjen Kemdikbud Dikti.

Dalam pelaksanaannya, para siswa akan dibimbing selama empat bulan oleh tenaga pengajar ahli yang ditunjuk oleh Microsoft Indonesia, yaitu MIC Enterprise. Dukungan diberikan melalui kelas virtual dan penugasan proyek yang disesuaikan dengan tantangan/kebutuhan industri saat ini.
Didukung oleh GliaStudio

Misalnya, kelas produktivitas menginstruksikan siswa untuk menyajikan solusi teknis untuk masalah bisnis menggunakan Microsoft 365, kelas cloud meminta siswa merancang sistem manajemen pembelajaran yang dihosting dalam bentuk VM atau situs web Azure, sedangkan kursus Data dan AI menantang siswa untuk mengembangkan dasbor yang memanfaatkan kecerdasan buatan dengan menerapkan solusi Cortana Intelligence Suite atau Layanan Kognitif.

Ning Qulyati, Manajer Komunitas dan Pendidikan MIC Enterprise, mengatakan: “Dalam jangka pendek, kursus dan proyek yang ditawarkan akan meningkatkan peluang siswa untuk lulus sertifikasi Microsoft, membuat mereka lebih kompetitif di tempat kerja. Mendapatkan sertifikasi Microsoft tidaklah mudah karena ujian yang diambil mencakup materi yang sangat luas. Oleh karena itu, dengan bermitra dengan Microsoft melalui program SIB, kami berharap, sebagai pengajar, dapat membantu memberdayakan siswa dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah.”

Seiring perkembangan industri, sertifikasi telah menjadi nilai tambah yang nyata karena dapat memberikan gambaran keterampilan khusus pencari kerja dan menunjukkan ketekunan mereka dalam mengembangkan keterampilan profesional mereka.

Bagi pengusaha, sertifikasi tidak kalah penting karena dapat membekali mereka dengan berbagai keterampilan yang dapat mendukung perkembangan bisnis, seperti: B. Keterampilan teknologi untuk perusahaan yang dibangun dan dikembangkan di cloud.
Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft Indonesia. (Microsoft)
Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft Indonesia. (Microsoft)

Komitmen keberlanjutan Microsoft di bidang keterampilan digital

Keikutsertaan Microsoft Indonesia dalam SIB mencerminkan komitmen perusahaan untuk memberikan pelatihan tambahan bagi tiga juta orang hingga akhir tahun 2021.

Selain SIB, Microsoft juga menjalankan berbagai program pelatihan lainnya, seperti bekerja sama dengan Kementerian Kominfo untuk melatih sekitar 2.000 orang di Digital Talent Scholarship Professional Academy dan Fresh Graduate Academy (Mei – Agustus 2021), bekerjasama dengan 15 universitas negeri dan swasta untuk menyiapkan sertifikasi bagi 3.300 mahasiswa (Januari hingga Juli 2021) dan bermitra dengan JA Asia Pacific dan Cloudswyft untuk menjaring 10.000 talenta Indonesia

Baca Juga :

https://bursakamera.co.id
https://disparbudtanggamus.id
https://gadgetplus.id
https://eproposal.id
https://bprsmh-bandung.co.id
https://ligo.co.id
https://fraksipks-kabbogor.id