Umum
Penyebab & Cara Atasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Aktif

Penyebab & Cara Atasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Aktif

Terlepas dari faktor daya rendah pada perangkat, ada beberapa poin penting yang perlu Kalian pahami untuk memahami alasan mengapa notifikasi WhatsApp tidak muncul. Spesifikasi mungkin menjadi faktor utama, tetapi kelalaian pengguna atau kesalahan dalam pengaturan notifikasi juga bisa menyebabkan masalah notifikasi sperti yang kami rangkum dari ayovaksindinkeskdi.id.

  • Smartphone dalam mode silent: Pastikan smartphone kamu tidak dalam mode silent, karena saat smartphone kamu dalam mode silent, tidak akan ada suara notifikasi. Sementara pesan WhatsApp tetap muncul di status bar meskipun ponsel dalam mode senyap. Untuk melakukan ini, periksa kembali mode yang Kalian gunakan.
  • Jangan Ganggu aktif: Selain mode senyap, pastikan Jangan Ganggu diaktifkan karena saat diaktifkan, semua informasi yang masuk seperti pesan, notifikasi, SMS, panggilan, dan lainnya akan tertunda.
  • Pengaturan pemberitahuan WhatsApp dinonaktifkan: Sebaliknya, ada bug di pengaturan pemberitahuan WhatsApp yang menyebabkan masalah dengan pemberitahuan. Coba akses pengaturan notifikasi WhatsApp untuk memastikan fitur ini diaktifkan/diizinkan.
  • WhatsApp tidak berfungsi di latar belakang: WhatsApp mungkin tidak berfungsi di latar belakang; B. Dengan menggunakan fitur hemat daya dan hemat data atau dengan menurunkan kinerja perangkat.
  • RAM Penuh: RAM penuh juga bisa menyebabkan banyak masalah bagi sistem dan aplikasi yang diinstal seperti: b. Ini juga menyebabkan notifikasi WhatsApp tidak muncul karena aplikasi tidak bekerja secara real time.
  • Penurunan kinerja perangkat: Semakin lama Kalian menggunakan telepon, semakin rendah kinerjanya. Perasaan ini muncul saat menggunakan ponsel selama lebih dari setahun. Efeknya sistem dan aplikasi tidak bekerja secara maksimal.
  • dll.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

Penyebab & Cara Atasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Aktif

Perbarui WhatsApp ke versi terbaru

Kiat berikutnya: Coba perbarui aplikasi WhatsApp terlebih jika Kalian menggunakan aplikasi fouad whatsapp apk. Pembaruan aplikasi juga dimaksudkan untuk memperbarui/memperbaiki bug di aplikasi. Untuk melakukan ini, Kalian bisa mengunjungi Google Play Store dan kemudian menemukan aplikasi WhatsApp.

  • Buka Google Play Store, temukan dan pilih WhatsApp.
  • Klik Perbarui dan tunggu proses pembaruan selesai.
  • Selesai.

Coba hapus data WhatsApp

Jika pembaruan masih tidak berfungsi, coba hapus data WhatsApp melalui Manajer Aplikasi / Kelola Aplikasi. Cara ini dilakukan untuk membersihkan data-data yang terkumpul di aplikasi seperti database, cache, history, chat, dll. Jika tidak ingin menghapus semua data, Kalian bisa membackup chat WhatsApp Kalian terlebih dahulu.

  • Buka Pengaturan » Apl & Pemberitahuan » Apl.
  • Temukan dan pilih WhatsApp.
  • Lihat informasi tentang aplikasi WhatsApp, dan pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus data untuk menghapus data WhatsApp.
  • Sentuh Oke untuk mengonfirmasi.
  • Selesai.

Bersihkan file/data yang tidak perlu

Cobalah untuk membersihkan file/data yang tidak perlu; Seperti foto, video, audio, dokumen, apk, dll. Beberapa bagian yang harus Kalian periksa adalah folder DCIM (Rekaman dan Rekaman), folder WhatsApp (Kirim file WhatsApp), dan unduhan video YouTube offline. Pastikan untuk mengosongkan setidaknya 20% dari total kapasitas memori internal.

Kalian bisa membuka pengelola file, aplikasi keamanan ponsel, dan aplikasi terkait untuk menghapus semua data. Ini juga menangani aplikasi yang dijelaskan di poin sebelumnya yang berjalan di latar belakang.

Pastikan aplikasi berjalan di latar belakang

Hal lain yang harus dipertimbangkan oleh pengguna WhatsApp adalah bahwa WhatsApp mungkin tidak berjalan di latar belakang atau berjalan di latar belakang. Hal ini justru mengakibatkan notifikasi WhatsApp tidak hanya muncul, berdering, atau mengetik saat pengguna membuka aplikasi. Bukan hanya WhatsApp, hal yang sama bisa terjadi pada aplikasi lain, baik itu LINE, Messenger, Telegram, Instagram, dll.

Ini biasanya banyak terjadi di ponsel murah dengan sedikit RAM dan penyimpanan internal. RAM kurang dari 3 GB dan ruang disk kurang dari 32 GB. Atau pengguna bisa mengaktifkan fitur hemat daya dan hemat baterai, sehingga aplikasi tidak bekerja secara real time. Solusi: Pastikan RAM Kalian selalu dalam keadaan kosong, tutup aplikasi yang tidak digunakan dan bersihkan file/data yang tidak perlu seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

Pastikan koneksi internet benar-benar lancar

Terakhir, perhatikan juga koneksi internet ponsel Android Kalian. Ini juga sama pentingnya dengan beberapa poin yang saya bahas di atas. Terakhir, WhatsApp juga membutuhkan koneksi internet yang stabil; Jadi tidak ada penundaan dalam mengirim dan menerima pesan.

Penutup

Dengan beberapa tips di atas, kami berharap notifikasi WhatsApp yang tidak menunjukkan masalah akan kembali. Poin penting yang harus diperhatikan adalah masalah dengan izin pemberitahuan, penyimpanan RAM, dan penyimpanan ROM. terutama untuk memori; Ini adalah faktor utama yang menyebabkan WhatsApp tidak muncul atau hanya ketika aplikasi dibuka. Oleh karena itu, manajemen memori yang baik diperlukan untuk menjalankan aplikasi secara normal dan stabil.