Pendidikan
Pancasila dan Bahasa Indonesia masih menjadi mata kuliah wajib

Pancasila dan Bahasa Indonesia masih menjadi mata kuliah wajib

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan mata kuliah Pancasila dan Bahasa Indonesia masih menjadi mata kuliah wajib di perguruan tinggi. Hal ini terkait dengan pengesahan peraturan pemerintah atau PP tentang standar nasional pendidikan.

Pancasila-dan-Bahasa-Indonesia-masih-menjadi-mata-kuliah-wajib

Plt. Kepala Badan Kerjasama dan Humas (BKHM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hendarman mengatakan, PP nomor 57 tahun 2021 tentang standar nasional pendidikan memiliki amanat dan turunan dari Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (UU). Sidiknas).
Baca juga:
Perkenalkan guru yang memotivasi, Nadiem: Banyak guru menangis di depan saya

“Ketentuan kurikulum perguruan tinggi dalam PP SNP mengikuti undang-undang sistem pendidikan nasional,” kata Hendarman dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (14 April 2021).

Hendarman menyatakan, di sisi lain, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

juga tetap berlaku secara hukum dan tidak bertentangan dengan UU Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Standar Nasional Pendidikan.

“Oleh karena itu, kami tegaskan mata pelajaran bahasa Pancasila dan bahasa Indonesia tetap menjadi mata pelajaran wajib di perguruan tinggi,” ujarnya.

UU 12/2012 sebenarnya menyatakan dalam Pasal 35 (3): “Kurikulum perguruan tinggi harus memuat mata kuliah agama, pancasila, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia.”

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo menandatangani PP Standar Nasional Pendidikan pada akhir Maret 2021. PP ini mengatur beberapa hal terkait pendidikan, termasuk kurikulum.

Soal kurikulum ini diatur dalam Pasal 35 sampai dengan Pasal 40.

Kurikulum pada tingkat perguruan tinggi menurut PP 57/2021 dikembangkan oleh masing-masing perguruan tinggi untuk setiap program gelar dengan mengacu pada standar nasional perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Baca juga:
10 Konsep Geografi: Penjelasan dan Contohnya

PP tentang standar nasional pendidikan juga mengatur tentang pengikatan muatan kurikulum dari tingkat dasar dan menengah hingga pendidikan tinggi.

Kurikulum pendidikan dasar dan menengah harus memuat pendidikan agama, PKn, bahasa, matematika, IPA, IPS, seni budaya, pendidikan jasmani dan olahraga, keterampilan, kejujuran, dan muatan lokal.

Berkenaan dengan Pasal 40 (3) PP tentang standar nasional pendidikan, “kurikulum perguruan tinggi harus memuat pendidikan agama, PKn, dan bahasa”.

 

Lihat Juga :

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp