Fitur dan kinerja sistem operasi OPPO A16 untuk multitasking

Fitur dan kinerja sistem operasi OPPO A16 untuk multitasking

operasi OPPO A16

Berkat performa maksimal ColorOS 11.1 OPPO A16 dan multitasking yang lancar dengan FlexDrop

Lukman Azis – 5 November 2021

Fitur dan kinerja sistem operasi OPPO A16 untuk multitasking

OPPO A16 merupakan smartphone seri A terbaru yang handal dikerahkan untuk mendukung operasional bisnis UMKM. Varian baru akan dijual dengan harga Rp 2.499.000 dengan konfigurasi RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB dan warna baru Pearl Blue.

Tiga fitur unggulan OPPO A16 adalah baterai 5.000 mAh yang tahan lama, layar HD+ dengan Eye Care dan tiga kamera berbasis AI. Namun, kunci pengalaman OPPO A16 terletak pada kinerja sistem operasinya.

Perangkat dengan chipset MediaTek Helio G35 ini sudah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Sistem Android terbaru ini menghadirkan beragam fitur produktivitas untuk smartphone kelas menengah, mari kita bahas lebih lanjut.

ColorOS 11.1 Android 11. Kinerja

ColorOS 11.1 adalah antarmuka OPPO yang berpusat pada manusia, mudah digunakan dan efisien. Anda dapat dengan cepat menemukan apa yang Anda cari. Namun demikian, berbagai penyesuaian telah dilakukan dalam pengaturan personalisasi untuk memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan OPPO A16 sesuai dengan preferensi pribadi.

Dikombinasikan dengan Android 11 yang optimal, ini berarti potensi hardware bisa dimaksimalkan. Benar saja, secara keseluruhan performa OS pada OPPO A16 terasa cukup responsif, tidak secepat itu namun mampu berjalan dengan mulus.

pengalaman multitasking

Yang membuat saya terkesan setelah dua minggu menggunakan OPPO A16 adalah pengalaman multitaskingnya. Itu dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan secara berdampingan atau sebagai layar terpisah, skenario penggunaannya sangat luas dalam kehidupan sehari-hari.

Yang lebih menarik adalah hadirnya fitur FlexDrop, yang memungkinkan satu aplikasi dibuka di atas aplikasi lainnya. Caranya di Recent Apps, pilih aplikasi yang ingin dibuka, lalu klik ikon dua titik di pojok kanan atas aplikasi yang dipilih, lalu pilih Floating Window atau Mini-Window.

Kedua opsi ini terintegrasi satu sama lain, misalnya jika Anda memilih Floating Window, jendela aplikasi akan terbuka dalam ukuran kecil yang mengapung di layar dan dapat dengan bebas dipindahkan ke sana-sini. Jika Anda menyentuh jendela mengambang, itu akan berubah menjadi jendela mini dalam bentuk yang lebih besar dan klik tombol beranda jika Anda ingin mengubahnya kembali menjadi jendela mengambang.

Menariknya, saat aplikasi dibuka di jendela mini, kita bisa menyeret jendela aplikasi ke kanan atau kiri layar untuk menyembunyikannya. Jika Anda ingin membukanya, cukup tekan kembali ikon aplikasi di samping.

Selain itu, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur smart sidebar agar akses ke banyak aplikasi favorit jauh lebih cepat. Anda juga dapat menambahkan alat seperti tangkapan layar, perekaman layar, terjemahan layar, dan perekaman.

Screenshot juga dapat diambil dengan menekan kombinasi tombol power dan volume down atau dengan gerakan menggesekkan tiga jari dari atas ke bawah layar. Sementara untuk perekaman layar, mendukung resolusi hingga 1080p

Sumber :