Teknologi
Mengenal Aplikasi Keamanan Google Authenticator

Mengenal Aplikasi Keamanan Google Authenticator

Keamanan data personal supaya tidak ada peretasan, khususnya di handphone penting. Ditambah sebagian besar kegiatan setiap hari tidak dapat terlepas dari handphone. Seperti berbicara, transaksi bisnis perbankan, sampai data tugas banyak juga memakai handphone. Berikut Langkah Melindunginya Untuk menahan data personal kita diculik atau diambil oleh pelaku tidak bertanggungjawab, penting membuat perlindungan data yang berada di dalam handphone. Salah satunya mekanisme perlindungan yang diputuskan beberapa orang yaitu Google Authenticator.

Apakah itu Google Authenticator?

Dikutip dari Mashable, (29/10/2017), Google Authenticator ialah aplikasi keamanan gratis yang bisa membuat perlindungan account Anda dari perampokan password. Aplikasi ini gampang dioperasionalkan dan bisa membuat perlindungan account pemakainya dengan otentifikasi dua factor (2FA). Peroleh info, ide dan insight di e-mail kamu. Daftarkan e-mail Aplikasi 2FA bekerja dengan keluarkan code otentikasi di handphone Anda saat seorang coba terhubung account. Haruskah Ditukar Baru? Ini Keterangan Dukcapil Dikutip dari The Verge, (2/9/2020), 2FA pada Google Authenticator memungkinkannya pemakainya untuk scan code QR yang dibikin oleh aplkasi di piranti terpisah atau mungkin dengan masukkan code kunci. Proses ini dipandang gampang dilaksanakan, terkecuali Anda harus mengalihkan aplikasi ke handphone baru. Karena, 2FA memakai kunci keamanan yang diutamakan untuk tiap piranti keras, Anda tidak bisa demikian saja memasangkan ulangi Google Authenticator di handphone baru Anda dan memakainya untuk masuk. Sebagai tukarnya, Anda harus mentransfer kunci itu ke aplikasi baru Anda. Biasanya, pelindungan ini ada di service terkenal seperti Gmail, Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lain. Aplikasi ini telah ada untuk piranti dengan mekanisme operasi Android atau iOS.

Langkah terhubung Google Authenticator:

1. Ambil Google Authenticator dari Apple App Toko atau Android Google Play-store. Aplikasi ini gratis. 2. Persiapkan klarifikasi dua cara di account Google Anda. Masuk ke account Google dan tentukan “Security and Sign-In”. Tentukan “Two-Step Verification”, lalu scroll ke bawah untuk pilih pilihan “Authenticator app”. 3. Tentukan tipe handphone Anda, Android atau iPhone. 4. Membuka aplikasi Google Authenticator di handphone. 5. Di bagian bawah monitor handphone, ada 2 pilihan yaitu “Scan barcode” dan “Manual Entry”. Tentukan lah salah satunya pilihan yang diberi. Untuk opsi “Scan barcode”, memiliki arti Anda harus mengambil pemindai QR kode dari PlayStore/AppStore dan arahkan handphone ke QR code pada monitor computer Anda untuk mengonfirmasi jaringan Google Authentiator dengan account Anda. Dan untuk pilihan “Manual Entry” maknanya Google akan mengirim Anda code 16 digit ke alamat e-mail. Saran code itu untuk menuntaskan proses klarifikasi. 6. Seterusnya aktifkan jadi “Time Based”, untuk pastikan code yang Anda masukan sesuai dengan pembikinan code kode terkini Authenticator. 7. Perlindungan keamanan juga telah usai. Saat ini, setiap pemakai akan masuk ke account yang sudah disambungkan dengan Google Authenticator, karena itu account itu akan minta pemakainya untuk masukkan code klarifikasi 6 digit. Pelindungan Google Authenticator Adapun pemakai sekarang hanya cukup buka aplikasi Google Authenticator dan aplikasi akan membuat code baru yang diacak untuk Anda masukan. Selanjutnya, jika pemakainya masih tetap masuk, karena itu dia tak perlu lewat proses 2FA sepanjang tiap proses masuk. Disamping itu, saat Google Authenticator telah aktif, pemakai bukan hanya diproteksi dengan otentifikasi dua factor, tapi dengan tambahan keamanan dari code pengautentifikasi 6 digit Google. Referensi: