Umum
Cara Agar Bisa Masuk Halaman Pertama Google

Cara Agar Bisa Masuk Halaman Pertama Google

Posisi website masuk halaman pertama Google memiliki peranan yang sangat penting. Kenapa demikian? Karena hampir 75% dihitung rata-rata pengguna internet yang ada di seluruh dunia hanya membuka situs yang berada di halaman pertama tersebut. Untuk halaman dua, tiga dan seterusnya biasanya jarang terbuka.

cara-masuk-halaman-pertama-google

Lantas, bagaimana kiat agar website Anda tersebut bisa mengalahkan kompetitor dan bisa masuk halaman pertama Google? Meski lumayan sulit tapi tidak ada yang mustahil asal ada kemauan yang keras dan mau berusaha dengan sungguh-sungguh. Daripada Anda semakin penasaran berikut cara agar masuk halaman 1 Google:

Pastikan Website Anda Memiliki Kecepatan yang Tinggi

Cara pertama adalah dengan memastikan bahwa website Anda saat ini memiliki kemampuan kecepatan loading dan pengelolaan yang tinggi. Loading sebuah situs merupakan salah satu cara agar website masuk halaman satu Google.

Untuk meningkatkan kecepatan website tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan diantaranya:

Pertama, memastikan ukuran file yang ada pada website tidak memberatkan loading dari website. File seperti apa yang dimaksud? Misalnya saja seperti JavaScript, HTML dan CSS. Kedua, perkecil ukuran gambar yang Anda upload dengan cara mengkompressnya terlebih dahulu.

Pastikan Website Mobile-Friendly

https://pixabay.com/id/photos/blogger-cellphone-kantor-bisnis-336371/

Kini pengguna internet dari perangkat mobile meningkat secara drastis. Itu artinya website Anda harus responsive ketika dibuka dengan perangkat apapun. Misalnya saja responsive terhadap smartphone atau tablet.

Buat Sitemap

Sitemap merupakan daftar isi atau sebuah file yang disitu berisi halaman yang ada pada website Anda. Sitemap berfungsi untuk memudahkan Google dalam melakukan Crawling sehingga halaman-halaman pada website dikenali oleh website.

Jasa SEO Murah

Fungsi dari Sitemap ini juga berguna untuk peningkatan SEO.  Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan user experience pengaruh dari navigasi website.

Pasang SSL Certificate

Demi keamanan website Anda lebih baik pasang SSL Certificate. Namun SSL Certificate tidak hanya berfungsi memberikan keamanan untuk website Anda namun juga sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan ranking pada situs website.

Coba Integrasikan Website Anda dengan Google Analytics

Ibarat masakan tanpa gula dan garam seperti kurang Afdhol. Begitu juga dengan website, tanpa adanya Google Analytic SEO rasanya kurang lengkap. Google Analytic dapat membantu Anda dalam melakukan pemantauan terhadap halaman yang ada pada website Anda.

Fungsi lain dari Google analytic ini juga memudahkan Anda dalam melakukan pengamatan terhadap aktivitas, asal usul, demografi, traffic website dan waktu yang pengunjung habiskan untuk tetap berada pada website Anda.

Gunakan Juga Google Search Console

Bukan hanya Google Analytic yang bisa Anda gunakan tapi bisa juga menggunakan Google Search Console. Apa bedanya dengan Google Analytic? Dengan Google Search Console Anda bisa mengetahui informasi performa website yang meliputi:

  • Halaman terpopuler di website Anda
  • Kinerja website pada perangkat mobile
  • Mengetahui jika ada broken link
  • Mengetahui jika ada Masalah dalam keamanan website
  • Bisa mengetahui sumber dari backlink

Riset Keyword

Cara agar website muncul di top 1 Google adalah dengan riset keyword. Dengan riset keyword Anda bisa mengetahui seberapa banyak pengunjung yang datang dengan kata kunci yang Anda bidik.

Semakin tinggi persaingan keyword maka akan sangat sulit untuk dikalahkan. Namun sebaliknya jika keyword persaingannya rendah maka kesempatan untuk menaklukkannya tidaklah susah.

Buat Konten yang Lengkap

https://pixabay.com/id/photos/wordpress-blogging-menulis-mengetik-923188/

Mungkin Anda pernah mendengar content is king. Pernyataan ini sangatlah tepat sekali. Konten yang lengkap bisa membuat pengunjung merasa puas ketika mengunjungi website Anda. Karena mereka bisa menemukan apa yang mereka cari tanpa harus berpindah-pindah ke website lain.

Konten yang lengkap berbeda dengan konten yang panjang. Konten yang panjang belum tentu isinya lengkap jika isinya hanya kata atau kalimat yang tidak penting dalam sebuah konten tersebut.

Kunci utama agar konten tidak jauh dari apa yang dicari oleh Google adalah saat membuat sebuah konten posisikan Anda sebagai pembaca.

Kemudian tanyakan dalam diri Anda sendiri, apakah konten ini sudah bisa memberikan solusi dari apa yang Anda cari? Jika belum itu artinya konten yang Anda buat belum bagus dan berkualitas.

Optimasi Konten dengan Keyword

Konten tanpa keyword bagi mesin pencari Google bagaikan ingin menuju ke tempat tujuan tapi tanpa menggunakan peta. Akhirnya akan sangat susah sekali untuk bisa sampai pada lokasi yang menjadi tujuannya.

Jasa SEO Indonesia

Dengan adanya keyword yang diselipkan pada konten maka dengan mudah Google membaca konten yang Anda buat. Cara optimasi konten dengan keyword ada beberapa hal meliputi:

  • Meta title
  • Permalink
  • Meta description
  • 100 kata pertama dalam konten
  • Nama file dan alt text gambar

Perhatikan Penyebaran Kata Kunci Utama

Meskipun Google dapat mengindeks konten Anda melalui keyword namun penyebarannya tidak boleh asal-asalan. Anda bisa menggunakan rumus 0,5% per kata untuk konten yang Anda buat. Misalnya Anda membuat konten dengan jumlah 1000 kata maka bisa menyebarkan keyword 5 kali.

Anda juga disarankan untuk menyebar LSI Keyword. LSI Keyword merupakan kalimat yang hampir serupa dengan keyword yang menjadi fokus utama.

Gunakan Internal Link

Internal Link berguna juga dalam memudahkan Google untuk Crawling. Internal link dapat membantu dalam menghubungkan antara artikel satu dengan artikel lainnya yang pernah Anda buat. Jadi dalam membuat internal link sebaik yang masih relevan dengan artikel sebelumnya.

Gunakan Juga Inbound Link

Selain Internal Link Anda bisa juga gunakan Inbound Link. Keduanya sebaiknya ada pada artikel yang Anda buat. Adanya inbound link ini bisa memperkaya khasanah informasi pada situs Anda. Namun yang perlu Anda ingat jangan sembarangan dalam memilih situs untuk dijadikan inbound link. Pastikas situsnya memiliki kriteria yang bagus dan berkualitas.

Gunakan Google Bisnisku

Jika Anda memiliki sebuah bisnis maka untuk memenangkan website berada pada halaman satu Google adalah dengan menggunakan Google Bisnisku. Pada platform ini ketika pengunjung mencari keyword maka usaha atau bisnis Anda bisa muncul di pencarian Google.

Platform ini gratis jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan Google Bisnisku. Informasi yang bisa Anda pasang pada Google Bisnisku meliputi alamat website, alamat rumah atau toko, jam operasional, jenis usaha, nomor telepon dan usaha Anda tentunya.

Supaya rating pada Google Bisnisku milik Anda bagus maka usahakan ada yang review atau meninggalkan pertanyaan dan komentar. Anda juga bisa meminta pelanggan Anda untuk mengirimkan testimoni melalui Google Bisnisku tersebut akan rating semakin bagus.

Rating yang bagus akan memudahkan Google dalam menemukan situs Anda tersebut. Pelanggan juga akan semakin percaya dengan Anda terutama untuk calon pelanggan.

Nah, setelah mengetahui cara agar bisa masuk halaman pertama Google, kini tugas Anda adalah mempraktekkannya. Supaya website tetap berada pada urutan pertama dalam kurun waktu yang lama dibutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi. Jadi optimasi tidak hanya dilakukan sekali tapi juga berkali-kali atau berulang-ulang.